BLOG

The Insight Updates on Everything Bali Top Optical 

Kafein Menyebabkan 2 Penyakit Mata

Apa yang biasa Anda lakukan jika mengantuk? Minum kopi atau minum minuman berkafein adalah hal yang biasa Anda lakukan untuk mengusir kantuk. Namun, dibalik kehebatan minuman kopi untuk membuat Anda terjaga, rupanya juga dapat membahayan mata. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Bagi orang yang tidak kuat, kafein bisa menyebabkan perubahan dalam detak jantung, kecemasan, dan sakit perut. Lebih lanjut, sebaiknya perhatikan jumlah kafein yang Anda konsumsi, karena terdapat 2 penyakit mata yang berbahaya akibat kebanyakan minum kafein, yaitu :

1. Glaukoma
Menurut laporan Glaukoma Research Foundation, mengonsumsi kafein dalam waktu singkat, dapat menyebabkan peningkatan tekanan intraokular pada mata. Peningkatan tekanan ini dapat bertahan, hingga tiga jam sebelum akhirnya kembali normal. Hal ini tidak terlalu berbahaya bila Anda mengonsumsi kafein dalam batas normal atau hanya sesekali. Tapi bila Anda memasukkan kafein dalam jumlah besar ke tubuh, hal tersebut bisa menyebabkan glaukoma, yaitu kerusakan penglihatan yang biasanya disebabkan oleh meningkatnya tekanan bola mata.

2. Kelopak Mata Kejang
Konsumsi kafein juga dapat menyebabkan kelopak mata berdenyut. Kondisi ini biasanya tidak menunjukkan kondisi mata yang serius, tapi itu hanya mungkin terjadi karena adanya efek stimulan dari kafein.Kedutan ini bukan merupakan efek permanen pada mata atau penglihatan. Setelah Anda mengurangi asupan kafein dan efek stimulan, kelopak mata akan kembali ke fungsi normal.

Loading...