BLOG

The Insight Updates on Everything Bali Top Optical 

Warna Mata Paling Langka Pada Manusia

Warna mata pada umumnya adalah coklat dan biru. Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi warna mata yaitu pigmentasi pada iris dan efek hamburan cahaya di iris. Iris berisi dua pigmen , pigmen coklat yang disebut melanin dan pigmen kekuningan yang disebut lipochrome. Semakin tinggi konsentrasi melanin dalam sel-sel dari iris, semakin gelap warna mata.Namun, terdapat warna mata yang tidak semestinya, seperti warna mata hijau, kuning, violet, dan hitam.

• Mata Hijau
Warna mata hijau adalah warna mata paling langka di dunia dan dapat dijumpai pada orang Eropa utara dan tengah. Iris individu bermata hijau hanya memiliki sejumlah kecil melanin. Iris mereka juga mengandung jumlah moderat lipochrome (pigmen kekuningan). Konsentrasi melanin yang sangat rendah dalam iris memberikan warna lebih terang dan kebiruan. Campuran warna kebiruan dan kekuningan dari lipochrome menimbulkan warna mata hijau.

• Mata Kuning
Mata Kuning sering disebut sebagai “mata serigala” karena warna emas dan kekuningan yang kuat dengan warna tembaga mirip dengan yang terlihat di mata serigala. Warna mata ini disebabkan konsentrasi rendah melanin dan konsentrasi yang sangat tinggi dari lipochrome disimpan dalam sel-sel dari iris.

• Mata Violet
Mata violet sering terjadi pada orang dengan albinisme. Ini adalah kondisi yang ditandai oleh kurangnya pigmen dalam sel. Mata ungu sebagai akibat dari kurangnya melanin dalam sel-sel dari iris. Warna mata ini adalah sebagai akibat dari cahaya yang dipantulkan kembali dari pembuluh darah di belakang retina. Campuran warna merah terpantul pembuluh darah di retina dan warna kebiruan iris karena kurangnya melanin memberikan penampilan violet.

• Mata Hitam
Mata hitam disebabkan karena jumlah melanin yang disimpan di iris berjumlah banyak dan ini menyebabkan mata cokelat sangat gelap yang tampak hitam . Semakin banyak melanin yang telah disimpan di iris Anda, semakin gelap warna mata.

Loading...