BLOG

The Insight Updates on Everything Bali Top Optical 

Tips Memilih Kacamata Hitam

Sinar ultraviolet (UV) ternyata juga dapat membahayakan lensa dan kornea mata. Radiasi UV dapat meningkatkan risiko katarak serta timbulnya Pterygium atau tumbuhnya jaringan putih mata ke dalam kornea mata. Salah satu cara menangkal paparan radiasi UV terutama yang berasal dari sinar matahari ini adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Lalu, apa kriteria memilih kacamata hitam yang baik untuk kesehatan mata? Berikut tips aman memilih kacamata hitam:

  1. Belilah kacamata hitam di optik resmi. Optik resmi menyediakan kacamata hitam yang sudah terstandardisasi. Pastikan kacamata hitam Anda memiliki simbol UV, terdapat tulisan seperti “100 percent absorption” atau “UV 400”. Yang memiliki arti kacamata hitam itu bisa memblok gelombang yang lebih pendek dari 400 nm, termasuk sinar UVA dan UVB. Lensa kacamata hitam juga harus memenuhi standar kegelapan dari Institut American National Standart (ANZI) yaitu Z80.3. 
  2. Bingkai Besar Semakin besar bingkai kaca berarti semakin banyak pula area yang dilindungi. Bingkai besar itu juga berfungsi memblok sinar yang datang dari samping. Kacamata berbingkai besar juga membuat mata Anda tak lebih mudah kering. 
  3. Jangan Pedulikan Warna Semakin gelap kaca, belum tentu semakin ampuh proteksinya. Warna lain seperti biru, hijau, atau bahkan pink sebenarnya punya fungsi yang sama. Warna-warni itu dibuat hanya untuk selera fashion yang berbeda. Pilih lensa yang tingkat kegelapannya cukup sehingga mata dapat melihat dengan nyaman dalam kondisi sangat terang. 
  4. Kualitas Bahan Ada harga, ada kualitas barang. Harga kacamata hitam ditentukan pula oleh kualitas bahannya. Kacamata hitam yang bagus terbuat dari kaca optik dengan sedikit distorsi pada bentuknya. Sedangkan kacamata yang harganya lebih murah, biasanya terbuat dari plastik.
Loading...